Pekerjaan: Menjadi Dosen yang Menginspirasi

Ini merupakan lanjutan tulisan dari Sebuah Pekerjaan Harapan: Dosen dan Mengajar Para Pekerja

Dimana kedua tulisan tersebut merupakan tulisan saya tentang bagaimana pandangan dalam sebuah pekerjaan dan bagaimana pekerjaan ini menjadi asik untuk diceritakan dalam sebuah tulisan singkat di sebuah blog kecil ini.

The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.
William Arthur Ward

Bentuk pendidikan yang hanya mengandalkan pengajar sebagai sumber ilmu adalah sebuah sistem yang kurang tepat. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita tidak bisa membendung arus informasi, tapi justru harus memberikan arahan tepat untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang terutama terhadap peserta didik. Ketertinggalan kita terhadap teknologi akan membuat sedikit banyak materi yang kita tuliskan, ajarkan memiliki perubahan yang signifikan. Kita membutuhkan sebuah sistem baru yang dimana teknologi menjadi bagian dalam dirinya. Bukan materi yang dipaksakan masuk, namun pemahaman terhadap materi inilah yang harus menjadi sistem belajar peserta didik.

Mendemonstrasikan saja, tidak cukup bagi guru yang mampu memberikan hidupnya untuk pendidikan. Namun juga menginspirasi peserta didik agar menjalani kehidupan pembelajaran yang seharusnya. Tidak dipaksakan, namun dipahamkan. Pengenalan sistem inilah yang tidak pernah diajarkan dalam TK-SMA. Justru di kuliah inilah titik dimana kita belajar tentang masyarakat-hidup-dan ilmu pengetahuan yang harus bermanfaat untuk masyarakat. Karena tujuan akhir ilmu pengetahuan bukan hanya untuk kebutuhan industri. Namun juga memberikan pemikiran untuk kontribusi positif terhadap kehidupan masyarakat hari ini. Kebutuhan akan aplikasi-aplikasi ilmu pengetahuan inilah yang harus terus dilestarikan.

Kolaborasi

Kunci untuk mendapatkan keilmuan yang menginspirasi adalah membuat kolaborasi agar tercipta keharmonisan dalam hasil karya yang akan dibuat. Sistem-sistem pembelajaran yang dibuat, haruslah berdasarkan pada kolaborasi-kolaborasi realitas masyarakat hari ini. Totalitas dalam kolaborasi akan menciptakan sesuatu yang mampu menginspirasi orang lain untuk membuat sesuatu yang sama. Produksi karya yang mampu menjadi inspirasi, akan menciptakan inspirasi-inspirasi baru dalam pengetahuan.

Era dimana kita sudah seperti dilipat, tanpa ada batas, membuat kita dapat memberikan hal terbaik untuk banyak orang dengan banyak cara, banyak jalan untuk memahami permasalahan-permasalahan di masyarakat. Apakah itu akan berujung pada kehidupan masyarakat? Setidaknya kita telah mencoba untuk menjadi bagian dari mereka dan menjadikan diri ini bermanfaat untuk sesama.

Begitupun menjadi dosen yang terus menginspirasi harus juga melakukan kolaborasi dengan beberapa instansi yang dapat memberikan dampak positif kepada mahasiswanya. Setidaknya itu usaha pertanggungjawaban dari ilmu yang kita dapatkan.

Bukankah kita berusaha sebaik mungkin untuk menjadikan ilmu pengetahuan ini berkembang sesuai perkembangan masyarakat?

Advertisements

One thought on “Pekerjaan: Menjadi Dosen yang Menginspirasi

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: