Babak Baru Dangdut Indonesia

1

Via Vallen terhitung berhasil membuat panggung Indonesian Choice Awadrs di NET. berakhir dengan tepuk tangan meriah. Disitulah ditunjukkan bagaimana musik dangdut masuk dalam jajaran musik yang saat ini sedang naik daun. Kebutuhan hiburan yang tidak pernah turun, menjadikan dangdut tidak hanya digemari masyarakat menengah ke bawah, sudah masuk segmen menengah ke atas. Melintasi batas peruntukannya sebagai musik masyarakat kecil.

Babak baru ini akan menjadikan biduan-biduan macam Via, Nella, Audy, yang bergerak dalam genre Dangdut dapat menaikkan rating mereka secara signifikan. Via menunjukkan eksistensi yang tidak hanya ada pada panggung-panggung kecil, namun juga merebak ke panggung-panggung nasional. Maka tidak mungkin dalam waktu dekat akan menjadi sebuah ikon baru musik Indonesia pada tahun-tahun sekarang. Padahal dangdut, terutama dangdut koplo, juga merangkak dari bawah, melewati jenis-jenis musik yang diperuntukkan komunitas masyarakat menengah keatas.

Babak Baru

Kesempatan ini merupakan sebuah kesempatan yang dapat diambil guna menggali potensi kreatif di Indonesia, saya rasa. Peruntukan dangdut yang merubah segmen-nya tentu akan memberikan ruang kepada seniman-seniman dangdut lain, seperti Demy, meng-Indonesia-kan dangdut.

Kedepan, dangdut akan menjadi salah satu jajaran musik yang digemari untuk kalangan banyak, saya rasa. Kehidupan musik di Indonesia-pun akan terus bergerak naik. Begitupun instrumen-instrumen pendukung musik dangdut itu sendiri, meskipun bang Rhoma Irama, sang Raja, tidak berkenan koplo masuk dalam genre-nya.

Semoga menjadi berkah.

One thought on “Babak Baru Dangdut Indonesia

Leave a comment