Mesin Kerja

Mesin-mesin ini sudah menua, mereka menunggu untuk direparasi, diperbaharui perangkatnya. Apa yang perlu baru untuk pengetahuan mesin manusia? Invoasi? Bentuk lain dari mesin itu sendiri? Tentang apa yang akhirnya hadir sebagai mesin adalah manusia sebagai motor utamanya. Apa yang sebenarnya abadi dalam mesin? Fungsinya? Bentuknya, atau sejarahnya?

Mechanical Worker @wirosasono, 2022

Setiap mesin kerja memerlukan pemanasan untuk membuat sesuatu, membuat suatu produksi masal tentang kehidupan, tentang apa yang nantinya penting untuk hidup itu sendiri. Apakah pada akhirnya mesin akan mati? Bukankah setiap yang hidup akan mati, terutama mereka yang hadir dalam dunia yang sementara ini. Akan kiamat bahkan bumi akan hancur, termasuk alam semesta. Lalu apa yang sebenarnya abadi? Kesementaraan adalah abadi, mereka kekal, dalam perubahan yang terus menerus dilakukan oleh manusia.

Termasuk mesin di dalamnya. Apakah nantinya kesementaraan mesin juga akan mati? Belum tentu, kesementaraan gerak dalam mesin akan membuat manusia akan tetap hidup, meskipun dalam harapan-harapan manusia terhadap dunia itu sendiri. Tentang apa yang menjadi baik, kita tidak bisa memastikan, kita hanya bisa menebak, mesin akan selama apa hidup, akan sekuat apa berputar.

Mesin manusia juga akan sama, memberikan padangan tentang apa yang hidup dan apa yang mati sebenarnya. Tinggal bagaimana kita akan mengakhiri matinya mesin itu sendiri.

Leave a comment