Support System: Keluarga

Kita tidak tau apa yang akan kembali pada masa depan, apa yang akan hadir sebagai bagain dari pengakuan kehidupan itu sendiri sebagai bagian dari kehidupan. Tentu masalah yang terus menerus ada, dan mengada sebagai bagain yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia itu sendiri.

Sistem pendukung kehidupan dapat berupa apapun, dapat juga berupa kehidupan yang baik, dapat juga berbentuk bantuan berupa harta, tahta maupun kondisi keluarga, karena wanita sudah terlalu lampau untuk menjadikan ambisi seorang lelaki hadir sebagai bagain dari keluarganya. Apa yang sebenarnya penting dari support sytem itu sendiri? Banyak hanya memakan umur, menghabiskan kehidupan untuk sekedar diakui, sekedar menjadi pemilik suatu tata laksana kehidupan itu sendiri.

Justru keluarga yang entah itu kandung, maupun memiliki kedekatan emosional yang memberikan sistem pendukung untuk menjadikan manusia tetap hidup. Tetap menjadi harapan untuk masa depan. Tetap memberikan inspirasi yang entah itu merupakan dunia yang baik, atau sebaliknya. Menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Tapi pada akhirnya kita harus mengakui bahwa keluarga memiliki peran penting dalam kehidupan yang fana ini. Tanpa mereka kita hanyalah seonggok daging yang berusaha untuk survive dalam kehidupan yang semu ini.

Tentu dalam keluarga memerlukan perawatan untuk dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan, bukan sebaliknya. Nyatanya kehidupan tidak semudah itu berbicara tentang kehidupan itu sendiri. Pada titik apa sebenarnya kita memahami bahwa keluarga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari diri kita?

Leave a comment