Apa yang Bisa Kita Perbaiki?

Membangun kehidupan ini memang tidak semudah kelihatannya. Kita memerlukan masalah untuk terus tumbuh dewasa, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sendiri. Tentang kesalahan, kealpaan yang mungkin kita dapati, hanyalah sebagian dari kehidupan itu sendiri. Jadi, semua kesalahan yang menimpa pada diri hanyalah sebuah kesalahan yang mungkin kita perlu perbaiki, tapi kita juga perlu melihat kembali bentuk-bentuk kesalahan sebagai bahan evaluasi.

Semua kesalahan ini mungkin berdampak pada kehidupan untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan itu sendiri. Tentang bagaimana kehidupan memberikan pembelajaran tentang apa yang seharusnya diselesaikan. Tentang kesalahan yang menjadi beban hidup untuk terus dipikirkan. Lalu apa yang sebenarnya kita katakan tentang kesalahan dan tentang apa yang bisa kita perbaiki.

Kita memiliki bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Resiko untuk memperbaiki mungkin akan terdapat kesalahan lagi, tapi apakah kita ini hanya sekedar bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Kemudian apa yang bisa kita perbaiki untuk menjadi bagian dari kehidupan?

Tentang diri kita yang mungkin kacau pada akhirnya ketika menghadapi masalah, atau lebih dari itu, menjadi tidak terkendali. Kita ini sekedar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kesedihan, kekecewaan, dan bagian yang tidak terkira lainnya. Apa yang bisa kita perbaiki?

Masa depan, tentang evaluasi yang bisa kita lakukan sebagai refleksi kehidupan kita sendiri. Mari mulai untuk melihat kembali masa lalu dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan itu sendiri.

Leave a comment